Selasa, 01 Januari 2013

Hiriko, Mobil Lipat Super Kompak teknologi 2013

akjub melihat mobil listrik yang bisa dilipat di KABAR PASAR di tvOne jam 09:30 hari ini saat lebaran idul fitri kedua, lalu saya coba cari tahu melalui google tentang HIROKO ini dan akhirnya ketemu juga beritanya disini. Nama Hiroko berasal dari kata Basque  yaitu Hiri yang artinya “kota” dan kotxe yang artinya “mobil”, jadi mungkin maksudnya memang mobil untuk dalam kota sehingga konsep dasarnya mobil ini dibuat untuk digunakan dalam kota dan bisa dilipat agar bisa menghemat tempat parkir, panjang HIROKO adalah 100 inci (2,5 m), dan saat parkir bisa dilipat bisa menjadi 60 inci (1,5 m).  Hiriko merupakan evolusi dari proyek citycar MIT, bekerja sama dengan Denokinn (Pusat Basque untuk Inovasi) dan sebuah konsorsium bisnis dari Spanyol.
Yang unik dari mobil ini adalah pada setiap roda sudah terintegrasikan dengan motor, kemudi aktuator, suspensi dan pengereman, saya lihat tadi saat tayang di tvOne bahkan bisa berjalan kesamping dan memutar. Untuk urusan menambah dan menurunkan kecepatan juga terbilang unik, dengan menekan kemudi kedepan, maka mobil akan bertambah kecepatannya, lalu jika kemudi ditarik kebelakang maka kecepatan akan menurun.
Mobil HIROKO ini sepenuhnya bertenaga baterai dengan kisaran satu kali charge bisa dipakai untuk 75 mil (120 km), andai kata kuat untuk naik tanjakan Gunungkidul asyik juga punya mobil ini, karena jarak pulang pergi saya ke kantor hanya 80 kilometer saja.
Yang unik lagi adalah pintu mobil ini ada di windshieldnya yang bisa dibuka keatas, jadi yang mau naik mobil ini, masuknya lewat depan.
dilipat biar irit tempat parkir *foto dari http://www.gizmag.com/hiriko-folding-electric-car/21506/
Kabarnya Mobil Listrik Hiriko dijual £ 11.000 (US $ 17.430), dengan dolar terhadap ruapiah yang kisaran Rp. 9.500, maka jika dirupiahkan hari ini, harga mobil ini kisaran Rp. 165 juta, mungkin masih terlalu mahal untuk ukuran Indonesia.
videonya bisa dilihat disini http://www.youtube.com/watch?v=HnNHMw9QrVY&feature=fvwrel
Sebenarnya tujuan saya menuliskan tentang  mobil ini, adalah untuk memberikan inspirasi bagi bangsa kita, mungkin anak-anak SMK dan tentunya para mahasiswa terkait misal dari teknik elektro, teknik mesin, desain dan sebagainya, bersatu untuk bisa beralih berfikir dan action untuk membuat mobil listrik sendiri yang efisien, bentuknya menarik, harga terjangkau. Sering kali kita lihat mobil konvensional yang sekarang umum berjalan, dengan banyak tempat duduk, dan kebanyakan nganggur tempat duduknya, hanya sopir dan satu penumpang, jadi bukan alasan jika dua tempat duduk seperti mobil HIRIKO ini nantinya tidak laku. Mungkin perlu ditekankan kalau bisa memang untuk substitusi sepeda motor yang wajarnya motor itu memang untuk dua orang, jadi jika kita bisa membuat mobil listrik semacam ini, dengan harga maksimal 20juta dan syukur-syukur dibawahnya, saya kira akan banyak orang yang realistis untuk membeli mobil ini untuk digunakan didalam kota. Tidak kehujanan dan kepanasan.
Kondisi lalu lintas sekarang ini dan kedepan akan semakin macet, naik motor saja hanya bisa maksimal 50kpj jika diperkotaan. Sehingga mobil listrik yang didesain maksimal 60kpj untuk mengejar efisiensi listrik saya yakin bukan menjadi kendala.
Jadi marilah kita isi kemerdekaan ini dengan berkarya dengan visi kedepan yang masuk akal, efisien dan bisa diterapkan. Merdeka!

0 komentar "Hiriko, Mobil Lipat Super Kompak teknologi 2013", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar