Rabu, 02 Januari 2013

Pria Ini Jual Dua Domain Termahal

Bagi pebisnis internet, nama domain sangat penting. Selain menjadi identitas dan trade mark, domain juga menentukan laris tidaknya pengunjung satu situs internet. Karena itu, nama domain yang unik, singkat dan enak untuk diklik menjadi komoditas yang diperdagangkan sebagian orang.
Pemilik domain pun bisa kebanjiran rejeki jika alamat tersebut dibeli perusahaan tertentu dengan harga tinggi. Seperti yang dialami Page Howe. Pria kelahiran Burbank California Amerika Serikat pada 1963 ini berhasil menjual dua domain senilai masing-masing US$ 1,5 juta (sekitar Rp 14 miliar) dan US$ 1 juta (Rp 9,5 miliar) pada 2007!
Howe yang menempuh pendidikan ekonomi dan ilmu politik ini sebelumnya tak pernah berpikir untuk menekuni bisnis internet. Dia cukup lama bekerja di perusahaan konsultan Perkins & Zures serta menjadi analis independen untuk beberapa perusahaan swasta.
Pada tahun 2000, Howe mendirikan perusahaan sendiri namun gagal. Dia terpaksa menjual rumah dan 20 ribu kartu baseball koleksinya untuk sesuap nasi. Setahun kemudian Howe terpikir untuk masuk bisnis internet setelah membaca kisah sukses seseorang yang menjual alamat internet dengan harga tinggi. Saya mendapat pengetahuan baru, bahwa nama dan ekstensi yang unik bisa memiliki harga tinggi." kata dia kepada DNJournal.
Howe yang memiliki dana US$ 50 ribu mendirikan perusahaan penyedia domain, Basic Fusion. Perusahaan ini mengajukan pembelian domain pada lembaga penyedia identitas internet (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers/ ICANN). Basic Fusion pun berhasil memiliki 4 ribu nama domain dan Howe menjualnya satu per satu dengan harga yang cukup murah.
Pada 2004, Howe bergabung dengan forum penyedia domain, DNForum.com. Dari forum itu dia mendapat dua nama baru, Senior.com dan Guy.com dengan harga US$ 100 ribu. Tak disangka, setelah beberapa tahun dua domain itu laris dengan harga US$ 1 juta. Kini domain-domain dagangannya bisa laris hingga US$ 800 ribu.
Saat ditanya resepnya, Howe tak memberi pernyataan muluk lantaran prinsip bisnis domain cukup sedehana: siapa cepat dia dapat. Dengan kejelian memilih nama dan ekstension, domain tersebut bisa laris dengan harga tinggi. "Setiap hari, ada 15 domain baru yang cukup baik dan 10 diantaranya bisa bernilai jual tinggi. Saya bekerja keras untuk mencari nama-nama terkuat dengan harga terendah," katanya.
sumber

3 komentar: