Sabtu, 05 Januari 2013

Mobil Listrik Tucuxi Dahlan Ringsek Kecelakaan


Mobil listrik Tucuxi milik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengalami kecelakaan, Sabtu, 5 Januari 2013. Kejadian itu berlangsung di Tawangmangu, Karanganyar. "Mobil listrik Tucuxi baru saja mengalami musibah dan kondisinya hancur," kata Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi, kepada Tempo.

Mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan mengawali uji coba 1.000 kilometer di Kota Solo, Sabtu, 5 Januari 2013. Pada tahap awal, mobil itu akan menempuh rute Solo-Surabaya yang berjarak sekitar 250 kilometer.

Lokasi start uji coba tersebut di Jalan Kebangkitan Nasional yang berada di belakang Stadion Sriwedari. Selain terdapat kantor perusahaan media milik Dahlan, nama jalan tersebut dinilai cukup representatif. "Melambangkan sebuah kebangkitan dari teknologi mobil listrik nasional," kata salah satu panitia, Ananto Priyono. Rencananya, mobil tersebut akan dikemudikan langsung oleh Dahlan Iskan.

Menurutnya, mobil itu akan memulai perjalanan dengan menempuh perjalanan dari Solo menuju Magetan. "Jaraknya sekitar 80 kilometer," katanya. Setelah menginap semalam, mobil itu akan dipacu lagi menuju Jombang. Dari Jombang, mobil itu akan kembali dikemudikan menuju Surabaya.

Ananto mengatakan bahwa Solo sengaja dipilih menjadi kota pemberangkatan untuk uji coba tersebut. Menurutnya, pemilihan tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. "Lokasi pemberangkatan dipilih langsung oleh Dahlan Iskan," katanya.

Sebelum diberangkatkan, mobil itu akan menjalani ritual ruwat murwakala dengan mandi kembang menggunakan air yang diambilkan dari empat mata air. Prosesi tersebut akan dipimpin langsung oleh salah satu dalang terkenal, Ki Manteb Sudarsono. Simak berita Dahlan Iskan dan proyek mobil listriknya.

0 komentar "Mobil Listrik Tucuxi Dahlan Ringsek Kecelakaan", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar