Rabu, 02 Januari 2013

10 Penemu Situs yang Berpengaruh di Dunia Internet

1. Jonathan Abrams – Friendster

Jonathan Abrams – Friendster

Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan LinkedIn, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia.
Friendster memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 1 juta pengunjung unik setiap bulannya dan pernah menjadi situs terbesar pada masanya itu ; namun sejak situs ini menghapus semua konten dan menjadi situs permainan, jumlah ini turun menjadi 1,2 juta pengguna terdaftar saja.

2.Jack Dorsey – Twitter

Jack Dorsey – Twitter

Kini jejaring Twitter tentu tak asing lagi bagi banyak orang. Dengan kelebihannya yang praktis dalam menyampaikan informasi sebanyak kurang dari 140 karakter, twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling populer saat ini. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey dibantu oleh dua orang temannya, Biz stone dan Evan Williams. ketika usianya baru 24 tahun, Jack ingin membuat sebuah jejaring sosial dimana Ia bisa berbagi kabar dengan teman-temannya secara cepat. Twitter pun semakin terkenal dengan variasi pengguna mulai dari remaja, artis, penulis, hingga media cetak dan berbagai brand produk terkemuka.
3.Mark Elliot Zuckerberg- Facebook 
Mark Elliot Zuckerberg- Facebook

Siapa yang tak kenal Zuckerberg dan hasil karyanya, Facebook. Facebook diciptakan oleh Mark Zuckerberg ketika ia masih berstatus mahasiswa! Berawal dari sebuah network project, Mark yang dibantu tiga orang temannya berhasil menciptakan social network yang beranggotakan anak-anak kampusnya di Harvard. Dalam hitungan bulan facebok meluas ke kampus-kampus lain seperti MIT, NYU, Boston Univeristy, dll sampai akhirnya resmi diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat luas. Hanya empat bulan setelah diluncurkan facebook meraih keuntungan sebesar 1.5 milyar US dollar atau Rp. 13 Triliun, yang membuat Mark menjadi milyarder termuda di dunia.
4.Paul Sciarra, Ben Silbermann dan Evan Sharp – Pinterest
Paul Sciarra, Ben Silbermann dan Evan Sharp – Pinterest

Dulunya, Pinterest dibangun dengan maksud menjadi sarana berbagi image, photo dan video di antara para ‘penghuni’nya. Namun, visi awal tersebut melebar dan terus berubah.Pinterest diluncurkan pertama kali ke publik dalam versi beta pada awal Maret 2010 oleh Paul Sciarra, Ben Silbermann dan Evan Sharp bergabung pada tahun 2011  . Kini dalam waktu yang relatif singkat Pinterest telah mencapai 12 juta pengguna. Majalah Forbes bahkan mencatat Pinterest sebagai salah satu social media tercepat perkembangannya di tahun 2011.
Sebagaimana social media lain seperti Facebook, Twitter, dll, dengan cepat Pinterest menjadi perhatian para pebisnis terutama online marketer karena potensi traffic yang dimiliki. Jadi tidak heran kalau sekarang Pinterest dipenuhi oleh gambar-gambar yang diarahkan ke URL website komersial tertentu.

5.Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim - Youtube


YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.

6.David Karp – Tumblr

David Karp – Tumblr

Pengguna situs mini-blogging, inilah sang pendiri sekaligus pengembang tumblr, David Karp. Pada usia 19 tahun, Karp berhasil menciptakan sebuah situs mini-blogging dengan desain dan aplikasi yang berbeda dibanding blogger atau wordpress. Meskipun sudah terkenal dan kaya lewat Tumblr, kini Karp sedang sibuk menjalani profesi sebagai sebuah foto model sebuah brand terkemuka di Jepang.
7.Charles Mullenweg – WordPress
Charles Mullenweg – WordPress

Ia adalah pendiri sekaligus pengembang situs blogging wordpress. Ide untuk membuat wordpress didapatnya ketika usianya baru 18 tahun (2002), tetapi baru pada usia 19 tahun Matt dan rekannya, Mike Little, mulai mengembangkan coding wordpress. Walaupun di drop out (DO) dari kampusnya, Matt berhasil membuktikan bahwa Ia bisa menjadi pengusaha muda dan sukses. Pada awal tahun 2009 Matt Mullenweg pernah berkunjung ke Indonesia untuk menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

8.Evan Williams dan Meg Hourihan - Blogger

Evan Williams dan Meg Hourihan - Blogger

Evan Williams dan Meg Hourihan adalah dua tokoh pendiri perusahaan Pyra Labs. Produk pertama dari perusahaan Pyra Labs bernama "Pyra". Pyra merupakan sebuah Aplikasi Web yang menggabungkan project manager, contact manager, dan to-do list. Pada tahun 1999, dasar-dasar Pyra di reporpuse menjadi sebuah in-house tool menjadi "Blogger". Blogger secara resmi diluncurkan oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999.

Pada bulan Februari 2003, Pyra Labs di akusisi Oleh Google. Pada bulan Oktober 2004, Evan Williams sebagai salah satu pendiri Pyra Labs atau Pyra Labs' co-founder, meninggalkan Google. Pada tahun yang sama, tahun 2004, Google membeli Picasa. Google membeli Picasa untuk memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau gambar yang mereka miliki untuk di simpan ke blog mereka.

9.Andrew Darwis – Kaskus

Andrew Darwis – Kaskus

Pengguna internet Indonesia tentu tak asing dengan istilah “agan”, “cendol”, “pertamax”, atau “bata”. Ya, kata-kata tersebut sering ditemui di situs KasKus. Kaskus yang merupakan kependekan dari kasak-kusuk (bergosip) adalah situs media sosial ‘rasa’ Indonesia. Andrew Darwis mendirikan Kaskus pada tahun 1999 dengan modal hanya US $ 3 atau Rp. 30 ribu saja. Berawal dari tugas yang diberikan oleh dosen untuk membuat program dari free software, kini Kaskus berkembang menjadi website forum komunitas yang terbesar di Indonesia. Selain menjadi forum diskusi berbagai topik hangat, Kaskus juga menumbuhkan geliat bisnis online di Indonesia dimana pembeli dan penjual bisa saling menemukan dan bertransaksi secara transparan.

10.Larry Page dan Sergey Brin – Google Inc

Larry Page dan Sergey Brin – Google Inc

Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008) Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai.



Google.  didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

0 komentar "10 Penemu Situs yang Berpengaruh di Dunia Internet ", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar